Hukum islam menjawab
Blog ini sengaja ditulis untuk memberikan pemahaman dan jawaban bagi umat islam, seputar persoalan-persoalan keagamaan yang tidak diketahui dalam kehidupan sehari-sehari.

Saturday, July 5, 2014

Aplikasi al-Qur'an dalam HP

Pertanyaan
Bagaimana sebenarnya program al-Qur'an dalam HP, apakah bisa dikatakan mushaf?

Jawaban
Dalam kebanyakan forum Bahtsul Masail diputuskan bahwa al-Qur'an yang ada dalam HP dan sesamanya tidak termasuk mushaf, sebab tidak sesuai dengan kreteria mushaf seperti yang telah ditetapkan dalam kitab-kitab fiqih. Yaitu kitab Allah SWT. yang tertulis di antara dua sampul al-Qur'an. Adapun tulisan dalam HP hanyalah pancaran sinar yang ada dalam alat itu saja.
Akan tetapi menurut keterangan yang ada dalam kitab al-Yaqûtat an-Nafisah, hal tersebut termasuk kategori mushaf dan berlaku pula hukum-hukum mushaf. Habib Muhammad bin Ahmad as-Syathiri mengatakan, sesuatu yang mengandung suara atau tulisan al-Qur'an, baik itu berbentuk CD, disket atau lainnya, tergolong mushaf.
Untuk itu, sebagai bentuk kehati-hatian, hendaknya kita mengikuti pendapat ini, agar orang islam tidak mudah melalaikan al-Qur'an. Sebab bagaimana pun tulisan dalam HP tersebut bisa dibaca sebagaimana mushaf al-Qur'an lainnya.
Penjelasan ini tentunya berlaku ketika program al-Qur'an yang ada dalam HP itu diaktifkan (tampil di layar HP). Apabila program itu tidak diaktifkan maka semua sepakat bahwa hal itu tidak berlaku hukum-hukum mushaf.

Lihat: Hâsyiyah asy-Syabrâmallisî I/37, Syarhul-Yâqût an-Nafisah, 82-83, Nihayatul-Muhtaj, I/379.

Sumber: Buletin Sidogiri edisi 81.

No comments:

Post a Comment