Hukum islam menjawab
Blog ini sengaja ditulis untuk memberikan pemahaman dan jawaban bagi umat islam, seputar persoalan-persoalan keagamaan yang tidak diketahui dalam kehidupan sehari-sehari.

Tuesday, April 10, 2012

Bila Kiai Tak mau Dicium Tangannya

P e r t a n y a a n

Saya melihat sebagian tokoh (kiai) jika disungkemi atau disalami, tangannya langsung ditarik, sehingga kadang bikin terkejut atau tidak puas bagi orang yang ingin mencium tangannya. Bagaimana menurut hukum dalam islam hal semacam ini?

J a w a b a n
Sebagai satu-satunya agama yang Allah SWT di muka bumi ini, Islam selalu mengajarkan etika yang baik bagi umatnya, dan Nabi juga menegaskan bahwasanya beliau diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Islam memang menganjurkan umatnya memuliakan seorang hamba yang punya kelebihan, baik di bidang ibadah atau lainnya, lebih-lebih dalam ilmu agama. Termasuk dalam bentuk etika yang dianjurkan adalah mencium tangan orang yang alim, saleh, mulia, zuhud, dan semacamnya. Hal ini sudah dipraktikkan oleh para sahabat kepada Nabi Muhammad SAW.
Jika ada orang yang layak dihormati ternyata tidak mau atau tidak senang dihormati, maka memang dalam etika, mereka - sebagaimana manusia yang banyak kekurangannya - tidak sepantasnmya gla hormat. jadi, dalam ajaran Tasawwuf, seorang hendaknya menghormati pada seseorang yang layak dhormati, karena ada anjuran ISlam sebagaimana kriteria di atas. dan oranng yang layak dihormati tidak sepantasnya tidak ingin dhormati. tetpi semuanya dikembalikan kepada Allah SWT. karena Allah-lah yang berhak untuk dhormati. intinya, masing - masingkedua belah pihak punya etika, yakni etika bagi orang yang seharusnya berbuat hormat dan etika bagi yang selayaknya dhormati

Lihat: Syarhul-Bahjah al- Wardiyah/14/202.


Sumber: Buletin Sidogiri

4 comments:

  1. masuk ke akun facebook eris sazuke

    ReplyDelete
  2. Tapi kalau cium tangan orang tua gakpp kan hehe

    ReplyDelete
  3. Beliau2 itu entah bagaimana bisa tau.. kalo yg mau cium tangan itu bukan muridnya pasti beliau2 engga dicium tangannya.. padahal muridnya ribuan tp bisa tau yg mana murod yg mana bukan murid hehe.. dimaafi kalo salah..

    ReplyDelete
  4. Beliau2 itu entah bagaimana bisa tau.. kalo yg mau cium tangan itu bukan muridnya pasti beliau2 engga dicium tangannya.. padahal muridnya ribuan tp bisa tau yg mana murod yg mana bukan murid hehe.. dimaafi kalo salah..

    ReplyDelete