Hukum islam menjawab
Blog ini sengaja ditulis untuk memberikan pemahaman dan jawaban bagi umat islam, seputar persoalan-persoalan keagamaan yang tidak diketahui dalam kehidupan sehari-sehari.

Friday, April 6, 2012

Yasin Fadilah dan Khadam Ayat Al-Qur'an

Pertanyaan
1. Benarkan yasin Fadilah lebih utama dari yasin al-Qur'an? Sejak kapan yasin Fadilah ada?
2. Benarkah tiap ayat seperti Ayat Kursi ada khadam malaikatnya?

Jawaban
1. Sebenarnya, Yasin Fadilah dengan Yasin bukan Fadilah sama saja, sama-sama Yasin al-Qur'an. Hanya menurut asy-syaikh Abu al-Abbas al-Buni, jika seseorang ingin cepat terkabul hajatnya, hendaknya membca Yasin dengan cara tertentu, yakni yang kita kenal dengan Yasin Fadilah. Sama saja dengan kita membaca Fatihah, ketika sampai pada ayat "Ihdina ash-shiratha al-mustaqim" misalnya, kita menyelingi dengan do'a sebanyak-banyaknya, maka itu baik. Dalam Yasin Fadilah demikian juga halnya, ketika ada ayat yang layak untuk berdo'a, maka berdo'a sebisa mungkin.
Sedangkan timbulnya Yasin Fadilah adalah semenjak saat syaikh Abu al-Abbas al-Buni menyatakan tentang hal itu. Beliau seorang 'arif billah pengarang kitab Syamsu al-Ma'arif al-Kubra dan al-Wustha, dan kitab Latha 'ifu al-Isyarat. Beliau wafat tahun 622 H.
2. Bukan punya Khadam seperti itu. Maksudnya adalah, ketika ayat-ayat al-Qur'an itu dibaca dengan istikamah, maka Allah SWT. akan menurunkan karamah atas orang tersebut sebagai hal istimewa di dunia. Dan karamah dari itu banyak macamnya, antara lain dengan memberi keistimewaan yang tidak dimiliki orang lain melalui perantara Khadam atau lainnya.

Lihat: Diwanu al-Islam ibnu al-Ghazi/1/25; Al-Fawaid/5.


Sumber: Buletin Sidogiri

1 comment:

  1. Kajian yang menarik dan mendidik tadz...Tetap Semangat Tadz...

    ReplyDelete