Hukum islam menjawab
Blog ini sengaja ditulis untuk memberikan pemahaman dan jawaban bagi umat islam, seputar persoalan-persoalan keagamaan yang tidak diketahui dalam kehidupan sehari-sehari.

Sunday, April 8, 2012

Bolehkah Tahajud tanpa Tidur Dulu?

Pertanyaan
Bolehkah shalat Tahajud tanpa tidur terlebih dahulu? Bolehkan dikerjakan secara berjamaah?

Jawaban
Tahajud, ditinjau dari maknanya, adalah bangun dari tidur. Oleh karenanya, sesuai dengan persyaratan shalat tahajud──yakni harus dilakukan setelah tidur malam hari──maka melakukan salat Tahajud sebelum tidur secara hukum tidak terjadi (dianggap) shalat Tahajud, karena tidak memenuhi syarat. Sedangkan berjamaah dalam shalat Tahajud adalah tidak masyru' (dalam islam tidak disyariatkan). Hanya saja umpama berjamaah Tahajud karena ada tujuan mendidik seorang agar shalat Tahajud, maka tidak masalah, dan dalam sisi mendidiknya itu jamaah tetap mendapat pahala.

Lihat: Fathul-Mu'in/1/292; Asnal-mathalib/14/223.




Sumber: Buletin Sidogiri

5 comments:

  1. Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk tahajjud, kita harus tidur terlebih dahulu. Anggapan ini kurang tepat karena tidur bukanlah 'keharusan' atau 'syarat sah'nya tahajjud.

    Rasulullah salallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Apabila kamu mengantuk ketika shalat, maka tidurlah terlebih dahulu sampai hilang rasa kantukmu. Karena bila kamu mengantuk dalam shalat, mungkin suatu ketika kamu bermaksud memohon ampunan kepada ALLAH, tetapi ternyata kamu justru memaki-maki diri kamu sendiri."
    [HR. Bukhari 205, Muslim 1309]

    Tidur terlebih dahulu adalah anjuran, bukan keharusan, karena waktu utama tahajjud adalah 1/3 terakhir malam agar kita tidak mengantuk dan kepayahan. Namun, semampu kita, tidur ataupun tidak tidur terlebih dahulu, shalat malam adalah ibadah yang sangat direkomendasikan karena banyak sekali keutamaannya.

    Semoga Allah memudahkan kita mengamalkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih informasinya ya,, ini sangat bermanfaat bagi saya yang kurang begitu pahan hingga sedetail ini.

      terimakasih.

      Delete
  2. maf skedar berbagi pendapat, yng memutuskan di trima atau tidaknya sholat itu Allah, n Allah tidak akan memberatkan umatnya untuk beribadah kpd-Nya... jd Gd salahnya manusia melakukan sholat tahajud tanpa tidur mungkin karena da suatu alasan tertentu... dan Allah pasti akan menghargai usaha stiap hambanya untuk beribadah karena ALLAH.

    ReplyDelete
  3. Maaf saya mau tanya, sayakan kerja malam antara jam 23:00 sampai 07:00, saya mau sholat tahajud tapikan katanya mesti tidur dulu, sedangkan posisi sayakan sedang kerja...mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  4. Silahkan buka link berikut, akhi : hadidot.wordpress.com/2012/09/10/tahajud-dan-qiyamul-lail/

    ReplyDelete